background:url(http://c.dryicons.com/images/icon_sets/valentines_icons_set/png/128x128/kiss.png) no-repeat;

Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas 1- Etika Profesi Akuntansi#



Contoh Kasus Pelanggaran Etika
Hari ke-1
                              Tertulis pada tanggal 01 – 10 – 2014 , saya akan berbagi cerita mengenai pelanggaran etika yang saya lihat di lingkungan rumah tepatnya di perumahan Taman Pulogebang, Cakung.  Di awali ketika saya sedang berada di luar rumah, saat itu saya bermaksud untuk pergi ke rumah tante saya yang kebetulan tidak jauh dari rumah hanya berbeda RT saja. Ketika perjalanan saya menuju kesana saya menemukan ada sekumpulan ibu – ibu yang sedang berbincang – bincang di pinggir jalan. Mereka berbicara dengan suara yang cukup keras sambil menunjuk ke sebuah rumah di sebelah kanan jalan . sepintas saya berjalan perlahan di hadapan mereka , secara tidak sengaja saya mendengarkan sedikit pembicaraan mereka mengenai seorang ibu rumah tangga yang menurut mereka bilang dia sering pulang larut malam bahkan pagi. Mereka menuduh profesi dari ibu tersebut adalah menjadi wanita panggilan. Mendengar hal tersebut saya cukup kaget, karena para ibu – ibu tanpa menyadari secara tidak langsung banyak orang yang mondar – mandir  di hadapan mereka sambil memperhatikan pembicaraan mereka. Setelah itu saya langsung melanjutkan perjalanan tanpa menggubris pembicaraan mereka tadi.
                       Karena menurut saya dari tindakan tersebut, para ibu – ibu yang sedang berkumpul membicarakan tetangga nya itu sudah melanggar etika dalam hidup bermasyarakat. Tidak seharusnya para ibu – ibu tersebut membicarakan atau menjelek – jelekkan tetangga nya sendiri  , bagaimanapun juga mereka tidak bisa menuduh atau memojokkan seseorang apalagi tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi profesi nya.  Barangkali , ibu tersebut seorang wanita karier yang berkerja lembur dengan perkerjaan yang menumpuk di kantor sehingga mengharuskannya selalu pulang hingga larut malam. Dalam kehidupan bertetangga ada aturan – aturan yang harus diikuti salah satunya adalah tidak menggunjing orang lain. Karena itu akan merusak nama baiknya dan menimbulkan fitnah , jika hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya. Di dalam hidup bertetangga pun ada adab – adab yang harus dipatuhi semua masyarakat untuk saling menghormati antar tetangga agar tidak rusaknya persaudaraan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar